Minggu, 21 April 2019

Mengenal Macam-Macam Browser Lebih Lengkap


Sebelumnya kita telah mengetahui Apa itu HTML, fungsi-fungsinya, serta bagaimana cara kerja HTML. Pada bagian cara kerja HTML ada disebutkan tentang browser, pada kali ini kita akan membahas tentang browser itu mulai dari pengertian hingga contoh browser.

Pengertian Browser
Browser adalah sebuah software aplikasi untuk menerima, menampilkan, dan menerjemahkan dan informasi dari world wide web. Awalnya browser hanya dapat menampilkan tulisan saja belum bisa menampilkan gambar serta video seperti saat ini. Akan tetapi saat ini, browser sudah dapat melakukan lebih dari itu seperti menerima email, menampilkan file pdf, dll. Salah satu informasi yang ditampilkan oleh browser tersebut berformat HTML.



Pada dasarnya semua informasi yang dicari dalam browser, sebelum dibaca oleh browser pasti akan diubah kedalam bentuk HTML terlebih dahulu, baru kemudian dibaca oleh browser. Dan umumnya tiap-tiap browser dapat menerjemahkan HTML sama baiknya, namun jika mengenai tampilan (design) halaman, maka browser biasanya memiliki perbedaan.

Cara Kerja Browser
Setelah paham arti bowser, selanjutnya kita cari tahu bagaimana cara kerja sebuah browser, agar nantinya kita bisa lebih faham tentang browser. Cara kerja browser ialah sebagai berikut:

Mengenal Macam-Macam Browser Lebih Lengkap

Kita yang menggunakan browser mengetikkan alamat yang ingin dicarinya, pada kolom pencarian yang terdapat pada browser tersebut.

Kemudian browser menerima permintaan kita, dan browser akan melakukan fetching (pengambilan data) pada DNS server (Domain Name System Server).
Kemudian DNS Server akan mengirimkan data yang diminta oleh browser tadi berupa ip adress.

Selanjutnya browser akan menelusuri server yang yang sesuai dengan ip adress yang didapatkan dari DNS tadi, lalu mengaksesnya.

Kemudian Server yang sesuai dengan ip adress tersebut memberikan sesuai dengan apa yang kia minta sebelumnya dalam bentuk HTML dan file lainnya (CSS, PHP, Javascript, dll.).

Akhirnya Browser menerjemahkan file dari server tadi, agar dapat kita dibaca. Selesai.
Diatas tadi adalah cara kerja browser, tampak ribet bukan? Tapi semua itu dilakukan oleh browser dengan cepat sesuai dengan kecepatan internet yang digunakan. Begitulah teknologi, tampak mudah digunakan akan tetapi jika kita ingin membuat yang seperti itu akan sangat rumit.

Fungsi Browser

Hampir setiap harinya pengguna internet tidak bisa lepas dari yang namanya browser, baik untuk membaca berita maupun untuk menemukan data lainnya. Berikut ini fungsi Browser:

Membuka Halaman Web

Yang paling sering dilakukan oleh pengguna browser ketika menggunakan browser adalah membuka halaman web, dengan browser seseorang dapat langsung menuju kehalaman web dengan mengetikkan alamat lengkap web tersebut, lain halnya dengan search engine yang menampilkan terlebih dahulu beberapa halaman web yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Menyimpan data di internet

Pada saat kita menggunakan browser pasti pernah mendengar istilah bookmark. Bookmark inilah yang dapat menyimpan halaman yang sebelumnya kita kunjungi. Jadi, jika kita ingin mengunjungi halaman yang telah disimpan di dalam bookmark, tidak perlu lagi mengetikkan alamat halaman itu di dalam search engine, cukup dengan klik bookmarknya saja.

Memastikan keamanan suatu web

Biasanya di dalam browser terdapat proses pengecekan keamanan pada suatu web yang kita kunjungi, yang bertujuan untuk menghindarkan perangkat dari virus komputer yang dapat merusak sisitem komputer.

Membuka file dengan ekstensi tertentu

Browser dapat membuka file dengan ekstensi tertentu, misalnya file yeng berekstensi pdf, kita dapat membukanya di browser. Contoh lain, jika kamu adalah seorang yang suka dengan pemrograman web, pasti ketika menjalankan sourchcode nya menggunakan browser.

Mendukung penggunaan search engine

Search engine merupakan bagian dari browser itu sendiri, sehingga memudahkan pengguna dalam mencari sesuatu tanpa perlu mengetikkan alamat search engine itu.

Contoh Browser

Di dunia yang fana ini ada banyak sekali contoh browser, di sini kami hanya memberikan beberapa contoh browser saja. Berikut adalah contoh browsernya:

1.   Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah aplikasi browser yang digunakan untuk menjelajahi dunia maya seperti halnya browser lainnya. Google Chrome dibuat dan dirancang oleh perusahaan raksasa Google. 

Google Chrome awalnya dibuat pada tanggal 2 September 2008 dengan versi beta yang kemudian pada 11 Desember 2008 Google resmi merilis Google Chrome ke publik dan terus berkembang hingga saat ini.

Google Chrome saat ini adalah browser yang paling banyak penggunanya di dunia ini, itu disebabkan karena Google Chrome merupakan browser tercepat dan umumnya aplikasi Google Chrome sudah ditanamkan di dalam perangkat android. Sebagaimana yang kita sama-sama ketahi pengguna android ada dimana-mana dan tersebar luas.

Sebab lainnya adalah tampilan Google Chrome yang sederhana dan mudah difahami bagi pengguna awam. Google Chrome juga sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya, itu karena Google Chrome adalah produk dari Google.

2.   Mozilla Firefox

Mozilla Firefox dikenal sebagai browser yang cepat, ringan, serta lengkap. Sedikit berbeda dengan Chrome, Mozilla Firefox memiliki tampilan lebih ramai dan mudah diatur. Mozilla Firefox juga memiliki fitur yang lumayan lengkap seperti reading mode, add-on, pembaca PDF, developer tools yang lebih enak dilihat, notifikasi web, bookmarks, sinkronisasi dengan akun mozilla, serta banyak lagi fitur yang dimilikinya. Akan tetapi jika ditanya soal kecepatan Google Chrome Masih menempati juara satu. 

3.   Microsoft Edge

Browser buatan Microsoft ini juga perlu di pertimbangkan sebagai pilihan untuk browser utama kita, karena fiturnya juga yang lengkap walau tidak selengkap Chrome dan Mozilla. Meskipun orang-orang belum banyak menggunakan browser ini sebagai browser utama. Baru-baru ini juga microsoft merilis browsernya ini dalam versi Android serta IOS.

4.   Safari

Safari adalah browser buatan Apple inc. yang awalnya ditujukan hanya untuk sistem operasi Mac OS, lalu kemudian Apple inc. mengeluarkan versi-versi yang dapat digunakan dalam sistem operasi lainnya seperti Windows, Linux, Android, dll.

Kelebihan dari browser ini adalah ia memiliki fitur Nitro Engine yang mempu mengolah aplikasi yang berbasis web, yang mana fitur ini dapat mempercepat pengolahan data pada sistem aplikasi berbasis web.

Diatas tadi adalah pembahasan mengenai browser, bagaimana sahabat Grosir Kode, apakah sudah kenal dengan browser? Kami harap sahabat semua sudah mengenal apa itu browser, kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Terimakasih sudah berkunjung jangan lupa mampir kembali.

0 komentar:

Posting Komentar