Minggu, 21 April 2019

Pengertian Lengkap HTML

Pengertian Lengkap HTML

Gimana nih kabarnya sahabat Grosir Kode setelah sekian lama kita tidak berjumpa? Kami berharap supaya sahabat semua dalam keadaan baik dan dalam lindungan-Nya dan jika pun tidak sedang dalam keadaan baik kami doakan semoga segala urusannya dimudahkan oleh-Nya sebagai Tuhan Yang Maha Esa.

Baiklah tanpa memperpanjang pembukaan diatas mari kita lanjutkan ke materi kita saat ini. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sebuah bahasa yang berfungsi sebagai kerangka sebuah web, mungkin sebagian dari sahabat sudah tau apa yang kami maksud. Yang kami maksud di sini ialah HTML. 

Apa itu HTML? HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language, seperti yang kami sampaikan di atas tadi, HTML itu ialah kerangka sebuah web atau intinya dari web, dengan kata lain jika tidak ada HTML maka tidak ada web. Menurut W3C (Organisasi yang membuat standar-standar pada web) HTML adalah Bahasa inti web untuk membuat konten yang dapat digunakan oleh semua orang dimana saja.

HTML pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee (sekaran CEO of W3C), pada tahun 1991. Pada awalnya dia membuat HTML hanya untuk mempermudah para ilmuan pada saat ingin mengakses dokumen mereka satu sama lain, akan tetapi hasilnya lebih dari yang dibayangkannya, HTML menjadi pondasi dalam web seperti yang dijelaskan diatas tadi.

Perlu diketahui bahwa HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman akan tetapi ia adalah bahasa markup, itu artinya HTML hanya berisikan tag-tag yang nantinya digunakan untuk mendefenisikan elemen-elemen dalam sebuah dokumen.

Fungsi HTML

Apa aja fungsi HTML? Ada beberapa fungsi pada HTML, berikut ini adalah fungsi HTML:

Membuat Web. Semua halaman web pasti dibuat dengan HTML.

Pondasi pada sebuah Web. Sebagaimana rumah, jika tidak memiliki pondasi maka akan cepat roboh bahkan tidak dapat dibangun. Begitu juga dengan Web, HTML adalah pondasi utamanya, lalu kemudian diberikan CSS, Javascript atau PHP.
Mendefenisikan sebuah dokumen pada Web.
Membuat form online.
Menambahkan ojek.
Struktur HTML
Struktur dasar pada HTML ada tiga jenis, yaitu: Element, Tag, dan Atribut. 

Element

Element terdiri dari tiga bagian, yaitu: Tag pembuka, isi dan tag penutup. Contohnya, ketika kita ingin menampilkan sebuah judul pada halaman, maka kita menuliskan tag berikut ini:

<title>Judul Halaman</title>

<title> = tag pembuka
Judul Halaman = isi 
</title> = tag penutup
Tag
Tag merupakan teks khusus yang diapit oleh simbol "<" dan ">". Contohnya <head>, tag head harus diapit oleh dua simbol "<" dan ">". Tag memiliki struktur penyusunnya, adapun strukturnya bisa dilihat di bawah ini:

<namatag atribut='nilai'>

Jadi sebuah tag itu diawali dengan nama tag dan boleh diisi dengan atribut, lalu atribut tersebut memiliki nilai/value. contohnya seperti di bawah ini:

<body bgcolor="blue">

Perlu untuk diketahui bahwa sebuah tag boleh tidak memiliki atribut sama sekali dan boleh juga memiliki lebih dari satu atribut, contohnya seperti berikut ini:

<body>

<body bgcolor="blue" id="idku" class="classku">

Tag memiliki atribut global, maksudnya atribut itu dapat dipakai pada semua tag, apa saja atribut global tersebut? Berikut ini atributnya:

accesskey

class

id

dir

lang

style

tabindex

title

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat pada website W3Schools.com.

Atribut

Atribut terdapat di dalam script elemen, yang berfungsi untuk memberikan informasi tambahan pada elemen, nilai atribut harus ditutup dengan tanda petik, contoh:

<body bgcolor="blue">

bgcolor sebagai atribut sedangkan blue sebagai value dari atributnya.

Cara Kerja HTML

Bagaimana cara kerja HTML? Ringkasnya begini, HTML yang telah selesai ditulis, kemudian disimpan dengan ekstensi (.html / .htm) lalu disimpan ke sebuah server, sampai disini jika user ingin mengakses file HTML yang ditulis tadi, user tersebut harus minta kepada server terlebih dahulu dengan menggunakan browser (Opera, Chrome, Mozila, dll.) kemudian file tersebut dibaca pada processor komputer user menggunakan XSLT, lalu ditampilkan ke browser menggunakan Ajax, di sini user baru bisa membaca hasil dari file HTML yang dimintanya kepada server tadi.

Itu tadi cara Pengertian, fungsi dan cara kerja HTML, bagaimana sahabat Grosir Kode? Sudah dapat dimengerti? Kami harap sudah dapat mengerti, jika pun belum mengerti bisa difami dengan pelan-pelan, tidak perlu terburu-buru, atau jika ada yang ingin ditanyakan bisa tanyakan pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa mampir.

0 komentar:

Posting Komentar