Rabu, 22 Mei 2019

Apa Sih Perbedaan Kram dan Kesemutan?

Apa Sih Perbedaan Kram dan Kesemutan?

Kram dan gejala tangan kesemutan merupakan dua hal yang serupa dan sering sekali dianggap sebagai sesuatu yang sama oleh banyak orang. Kedua gejala ini memberikan efek yang serupa dan menyerang bagian tubuh tertentu secara tiba-tiba. Tapi keduanya juga sepenuhnya berbeda baik dari penyebab, efek gejala dan indikasi dari permasalahan ini. Untungnya keduanya bisa diselesaikan dengan cara yang serupa yaitu perlakuan fisik untuk meningkatkan kebugaran seseorang sehingga tubuh berada dalam kondisi yang lebih baik ketika beraktifitas. Kram dan kesemutan sebenarnya bisa terjadi secara bersamaan atau berurutan. Tidak ada urutan khusus karena salah satu bisa mendahului yang lain. Untuk memahami hal ini secara lebih mendalam akan dibahas mengenai gejala dan penyebab dari kedua hal ini.

Kram merupakan jenis kontraksi otot yang terjadi secara mendadak disertai dengan rasa sakit yang cukup besar pada otot atau sekumpulan otot. Kejadian ini bisa merupakan salah satu efek dari perlakuan yang buruk pada tubuh. Ketika seseorang memaksa tubuh mereka pada batas yang tidak wajar kerusakan otot terjadi dan menghasilkan efek kram. Kerusakan saraf juga dapat menjadi pemicu terjadinya kram. Kondisi ini muncul dari perubahan atau hambatan pada pembuluh darah sehingga menghambat dukungan pada syaraf untuk bekerja dengan baik. Kejadian ini bisa membuat otot menjadi kurang pertumbuhan atau bahkan mengecil. Nutrisi yang buruk pada otot akibat alcohol atau rokok juga menghasilkan reaksi kram pada bagian otot tertentu. Vitamin neurotropik adalah jenis vitamin yang didapat dari makanan untuk pengembangan dan peremajaan sel pada tubuh. Kekurangan vitamin ini akibat malnutrisi juga akan menghasilkan degenerasi yang diindikasikan dengan kram.

Kram merupakan gejala yang universal sehingga semua orang bisa atau pernah merasakannya. Kejadian paling umum dari kram adalah kesalahan pada saat olah raga karena tidak melakukan pemanasan yang cukup. Orang sehat ataupun orang memiliki penyakit tertentu tidak dapat terlepas dari kondisi kram. Tubuh melakukan aktivitas secara terus-menerus tanpa mengharuskan si pemilik tubuh bergerak. Pada saat menstruasi kram yang terjadi pada otot perut merupakan sebuah reaksi terhadap rasa sakit yang pada saat itu sedang diderita pada perut. Kram pada kondisi yang buruk bisa terjadi pada seluruh tubuh. Pada saat seperti ini otot menjadi tegang atau sedikit berdenyut dan sulit digerakkan ditambah dengan rasa sakit yang kuat pada area tersebut dan terkadang menyebar ke bagian lain.

Kesemutan yang juga dikenal dengan parestesia memiliki gejala yang terbatas pada permukaan kulit. Permasalahan ini dapat dipicu dari permasalahan luar dalam dua kasus yaitu ketika terantuk pada titik tertentu atau ketika mengalami tekanan yang konstan pada satu titik. Kesemutan adalah hasil dari hambatan peredaran darah pada bagian tubuh yang mengalami kesemutan. Kesemutan dapat terjadi pada kasus gangguan saraf yang memiliki pekerjaan mengatur indera perasa terutama ketika saraf terjepit oleh bagian tubuh lain atau putus karena kecelakaan. Pada kasus gejala neuropati kesemutan selalu terjadi secara mendadak. Kesemutan akan tetap ada walaupun posisi tubuh diubah.

Kesemutan memiliki kejadian dalam bentuk tekanan dan rasa tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu yang disusul dengan mati rasa. Pada kondisi bagian tubuh tersebut akan terasa berat dan tidak bisa digerakkan. Jika bagian tubuh yang terkena gejala disentuh baru muncul sensasi kesemutan pada kulit. Disebut kesemutan karena sensasi yang dirasakan seperti digerayangi sejumlah serangga pada bagian tubuh tersebut. Masalah kesemutan ini merupakan masalah saraf atau pembuluh darah. Permasalahan ini bisa disebabkan karena penyakit berat yang dialami oleh tubuh.

Perbedaan mendasar dari kedua gejala ini dapat diambil dalam pemahaman bahwa kram merupakan masalah otot sedangkan kesemutan adalah permasalahan saraf. Keduanya merupakan sesuatu yang sama-sama dapat berkembang dengan vitamin neurotropik dan dapat terjadi karena permasalahan pembuluh darah. Kram pada kasus biasa tidak akan bisa diselesaikan hanya dengan mengganti posisi tubuh tapi kesemutan bisa. Selain itu gejala tangan kesemutan yang terjadi sebagai bagian dari kerusakan saraf atau penyakit berat membuat gejala ini terasa lebih serius daripada kram.

0 komentar:

Posting Komentar