Senin, 27 Mei 2019

Pesan Nasi Kebuli, Salah Satu Hidangan Lezat Saat Hari Raya

Pesan Nasi Kebuli, Salah Satu Hidangan Lezat Saat Hari Raya

Siapa yang tidak tahu Nasi Kebuli? Hampir setiap orang muslim sangat familiar dengan hidangan khas Timur Tengah ini. Aroma sangat menggugah selera, dan rasanya yang gurih akan memanjakan lidah. Hidangan ini juga sangat cocok untuk sajian di hari raya. Ketika keluarga besar berkumpul, menyantap Nasi Kebuli menjadi semakin nikmat. Jika pun Anda tidak sempat untuk memasaknya sendiri, Anda bisa pesan nasi kebuli di tempat jasa catering makanan.

Asal Usul Nasi Kebuli di Indonesia

Nasi Kebuli sangatlah populer di daratan Betawi. Hidangan ini pertama kalinya dikenalkan oleh para ulama yang mendarat di pelabuhan Sunda Kelapa. Nasi yang menjadi menu utama dalam jamuan ulama ini sangat pekat aroma rempah-rempah dan susu kambing. Dalam jamuan ini para ulama juga mencoba menyamakan lidah dengan mencampurkan beberapa rempah-rempah khas Indonesia. Diantaranya ada cengkeh, ketumbar, bawang putih, pala, kayu manis, lada hitam, dan jintan. 

Komposisi dan Bahan Nasi Kebuli

Dalam membuat Nasi Kebuli, dibutuhkan beberapa bahan utama serta bahan-bahan pilihan. Bahan-bahan utama, diantaranya beras dengan tekstur pulen, kaldu ayam, daging kambing (bisa diganti dengan daging sapi, ayam kampung, atau bebek sesuai selera). Rempah-rempah yang akan dimasukkan adalah kapulaga, cengkeh, minyak samin, bawang goreng, serai, pala halus, bawang putih, merica bulat jintan, ketumbar, jahe, dan garam secukupnya. 

Cara Pembuatan Nasi Kebuli

Dibawah ini adalah cara membuat Nasi Kebuli sederhana.

Yang pertama, semua bumbu-bumbu yang telah dihaluskan ditumis dengan minyak goreng hingga keluar bau. 
Kemudian, daging kambing (bisa diganti ayam, daging sapi, atau daging bebek) ke dalam tumisan bumbu tersebut hingga matang.
Sisa bahan dan rempah-rempah kemudian masukkan ke dalam kaldu ayam hingga mendidih. 
Langkah selanjutnya adalah memasukkan beras, dan diamkan hingga kaldu terserap dan menjadi habis. 
Setelah kaldu terserap, nasi diangkat dan dikukus hingga pulen dan matang.
Dengan begitu, nasi kebuli pun siap dihidangkan.

Mengapa Harus Pesan Nasi Kebuli 

Seperti yang kita tahu, lebaran atau hari raya adalah momen berkumpulnya keluarga dan sanak saudara yang jauh. Untuk itu, salah satu hidangan yang bisa dijadikan menu utama adalah Nasi Kebuli. Selain merupakan makanan yang jarang ditemui di hari-hari biasa, cita rasa nasi kebuli benar-benar akan mengundang selera di meja perjamuan. Momen hari raya pun akan terasa spesial. 

Jika Anda ingin memasak Nasi kebuli sendiri di rumah, mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Belum lagi harus membeli bahan-bahannya di pasar yang juga membutuhkan waktu cukup lama. Maka, akan lebih praktis jika pesan nasi kebuli ke tempat jasa catering terdekat. 

Nasi Kebuli yang Nikmat

Untuk mengetahui apakah Nasi Kebuli memiliki citarasa yang nikmat, spesial, atau yang biasa saja, Anda bisa lihat secara fisik dari tampilannya. Yang pertama, Nasi Kebuli yang enak biasanya dibuat dengan beras-beras panjang seperti yang ada di negara Timur Tengah. Selanjutnya, ada topping yang ditabur diatas nasi seperti kismis atau Kacang Almond. Aroma yang tercium juga tentu memiliki aroma rempah yang kuat dan mengundang selera.

Meski secara sekilas banyak yang masih dibingungkan dengan kesamaannya dengan nasi uduk dan nasi kuning, hidangan ini jauh lebih pekat dalam hal aroma maupun rasa. Tidak lain adalah karena kaldu daging dan susu kambing yang tercampur di dalamnya. Tunggu apalagi, segera rencanakan untuk pesan nasi kebuli untuk melengkapi hari raya Anda dan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar