Rabu, 10 Juli 2019

Tips Memilih Oli Motor Terbaik untuk Matic

Tips Memilih Oli Motor Terbaik untuk Matic

Oli, yang memiliki peran penting untuk motor, tentu harus kita perhatikan dengan baik, apalagi untuk motor kesayangan. Sebagian orang mungkin berpikir penggunaan oli jenis apapun akan sama saja efeknya. Namun perlu diketahui ada tips tersendiri dalam memilih oli motor terbaik untuk matic agar mesin motor dapat bekerja dan berfungsi dengan baik.

Memilih oli motor yang tepat menjadi salah satu upaya kita dalam merawat motor agar tetap awet dan bekerja sesuai fungsinya. Dengan demikian motor dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Berikut tips memilih oli motor terbaik untuk matic yang perlu diketahui.

1. Perhatikan jenis kekentalan oli

Di pasaran akan banyak kita temukan berbagai macam oli dengan jenis yang berbeda. Ada yang encer, kental, hingga sangat kental. Untuk jenis motor matic, menggunakan oli dengan jenis encer justru hanya akan membuat oli mudah menguap. Namun jika oli yang kental digunakan pada motor matic, maka tarikan mesinnya akan terasa berat.

Selain itu antara motor matic satu dengan yang lain bisa jadi kebutuhan jenis olinya juga berbeda. Jadi agar tidak salah pilih sebaiknya baca buku panduan kendaraan lebih dulu.

2. Standar

Bagi yang belum paham, perlu diketahui jika di pasaran untuk oli ada yang namanya standar API dan JASO. Baik API maupun JASO ini keduanya memiliki kualitas yang unggul. Untuk itu bisa kita pilih standar mana yang akan dipakai. Untuk JASO ini ada beberapa jenis. Jika kita ingin memilih oli, pilihlah yang angkanya tinggi untuk JASO MA karena dipercaya memiliki kualitas bagus.

API sendiri kepanjangan dari American Petroleum Institute, yaitu lembaga di Amerika Serikat yang menguji kualitas oli pada motor-motor yang ada di Amerika dan Eropa. Sedangkan JASO adalah singkatan Japanese Automotive Standard Association, yang menguji daya tahan oli pada motor yang berasal dari Jepang.

 3. Zat aditif molybdenum

Mesin juga bisa sangat panas jika digunakan terus menerus. Sehingga tidak jarang jika tiba-tiba motor mogok di tengah jalan. Hal ini karena adanya banyak gesekan pada mesin sehingga mesin akan cepat panas. Untuk itu agar dapat memperhalus gesekan yang ada pada mesin, alangkah baiknya supaya kita teliti dan cermat memilih oli dengan kandungan zat aditif molybdenum ini.

Demikianlah sedikit informasi mengenai memilih oli motor terbaik untuk matic agar tidak salah pilih karena bisa berdampak buruk bagi mesin motor dan terganggunya kinerja serta fungsi motor itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar