Selasa, 31 Desember 2019

Mengenal Sistem Cashless dan Reimbursement Pada Asuransi


Mengenal Sistem Cashless dan Reimbursement Pada Asuransi

Hadirnya asuransi kesehatan cashless memberikan banyak manfaat bagi para pengguna asuransi. Selain itu, hadirnya asuransi ini dapat memberikan referensi baru bagi masyarakat yang belum menggunakan asuransi. Selama ini, asuransi yang sering Anda kenal mungkin asuransi dengan sistem reimbursement. Namun, kebalikan dari asuransi reimburse, sekarang tersedia asuransi cashless yang mana ketika menggunakannya Anda tidak perlu mengeluarkan uang pribadi.

Adanya dua jenis sistem asuransi ini terkadang membuat beberapa orang masih kebingungan. Dan Anda pun mungkin sempat bertanya-tanya bagaimana proses klaim asuransi kesehatan ini, khususnya yang menganut sistem cashless. Nah, supaya Anda tidak lagi salah kaprah memahami dua jenis asuransi ini, berikut penjelasan yang perlu Anda ketahui.

Metode pembayaran

Pembayaran asuransi cashless mempunyai keunggulan daripada asuransi reimburse jika dilihat dari sisi metode pembayarannya. Apabila asuransi reimburse mengharuskan Anda membayar premi asuransi ‘di depan’, lain halnya dengan asuransi cashless.

Hanya dengan menunjukkan kartu keanggotaan yang berasal dari perusahaan asuransi, Anda sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Asuransi ini sangat menguntungkan jika digunakan pada saat-saat darurat.

Nominal premi yang dibayar

Kemudahan transaksi dengan menggunakan asuransi cashless menjadikan premi asuransi yang perlu dibayar lebih tinggi daripada asuransi reimburse. Selain dimanjakan dengan transaksi yang lebih fleksibel dan ringkas, asuransi cashless juga memberikan penawaran plafon manfaat yang jauh lebih tinggi hingga mencapai dua kali lipat dari asuransi reimburse. 

Pengajuan ganti biaya

Jika menggunakan asuransi reimburse, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti nota pembayaran pengobatan sebelum Anda mengajukan penggantian biaya kepada perusahaan asuransi. Sedangkan dengan menggunakan asuransi cashless, Anda tidak perlu mengajukan penggantian biaya. Hal ini dikarenakan, seluruh dokumen penagihan akan langsung dikirim dari rumah sakit menuju ke perusahaan asuransi Anda.

Walau asuransi reimburse terlihat lebih ribet dalam pengajuan ganti biaya, namun asuransi ini dapat menguntungkan Anda karena Anda dapat melakukan double klaim.

Pilihan rumah sakit

Asuransi reimburse bisa dijangkau di banyak lokasi. Hal ini dikarenakan asuransi reimburse lebih banyak bekerja sama dengan berbagai macam rumah sakit di berbagai daerah. Dengan asuransi reimburse, Anda dimudahkan dengan banyaknya pilihan dalam melakukan pengobatan.

Sedangkan, untuk asuransi cashless, biasanya belum banyak rekanan rumah sakit-nya sehingga membuat Anda hanya bisa menikmati pelayanan kesehatan di rumah sakit yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi Anda.

Dari penjelasan singkat di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa masing-masing asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Asuransi cashless memiliki keunggulan karena memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam melakukan transaksi. Asuransi reimburse juga memberikan manfaat karena memungkinkan Anda melakukan double klaim.

Kelebihan dan kekurangan itu sebaiknya disikapi dengan bijaksana agar dapat memberikan manfaat yang baik. Semoga penjelasan singkat ini dapat membuat Anda semakin memahami asuransi sebelum menggunakannya.


0 komentar:

Posting Komentar