Rabu, 01 April 2020

Ancaman Kesehatan Bagi Si Workaholic


Ancaman Kesehatan Bagi Si Workaholic

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari setiap orang tentunya perlu bekerja. Namun, tidak hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan, hidup manusia juga tentunya juga membutuhkan hiburan, dan semua itu pasti memerlukan uang. Anda juga pastinya mempunyai asuransi kesehatan keluarga terbaik yang akan menjaga Anda dari kekhawatiran jika sewaktu-waktu hal buruk terjadi pada kesehatan Anda. Namun, pekerjaan yang terlalu dipaksakan dan minim istirahat juga tidak akan baik dampaknya untuk kesehatan. Ini krena tubuh adalah ibarat mesin yang dalam menjalankan tugasnya juga perlu diistirahatkan agar bisa kembali bekerja dengan performa yang baik.

Dalam menjalankan pekerjaan yang terlalu sibuk, Anda juga otomatis akan melewatkan momen-momen berkumpul bersama keluarga. Namun, di samping itu kesehatan Anda juga akan ikut terancam. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi jika Anda terlalu sibuk bekerja. (sumber: alodokter.com)

1. Diabetes

Diabetes bisa menjadi momok yang menghantui para workaholic. Hal tersebut bisa terjadi ketika pekerjaan yang menekan Anda untuk bekerja dengan keras, sehingga dapat memicu stres. Stres yang terus berlanjut dan tidak segera Anda tangani bisa mengganggu kinerja dari hormon insulin yang memiliki fungsi mengendalikan kadar gula dalam darah. Ketika hal tersebut tidak Anda imbangi dengan pola hidup yang sehat, diabetes bisa hadir.

2. Gangguan Pada Jantung

Workaholic sering kali terjadi karena seseorang terlalu fokus pada pekerjaannya, hingga mereka melupakan bahwa tubuhnya membutuhkan istirahat teratur dan asupan gizi dari makanan yang sehat. Jika pekerjaan yang terlalu keras tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat, maka kerja jantung Anda juga bisa terganggu.

3. Tubuh Akan Merasa Sangat Lelah

Tidak mendapatkan istirahat yang cukup akan membuat tubuh Anda terasa sangat lelah. Ketika tubuh Anda sudah membutuhkan istirahat, namun Anda tetap memaksanya untuk bekerja, hal ini bisa menimbulkan penurunan pada kualitas berpikir Anda.

4. Depresi

Stres yang Anda alami bisa kemudian meningkat menjadi depresi. Tekanan pekerjaan yang menjadi beban Anda berpotensi besar untuk memunculkan depresi. Hal ini bisa Anda ketahui dengan adanya tanda-tanda seperti nafsu makan yang menurun, pola tidur yang tidak teratur, dan semakin memudarnya keinginan Anda untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai.

Merasa dikejar-kejar oleh pekerjaan dan menjadi sangat terobsesi dengan pekerjaan Anda akan menimbulkan dampak yang tidak baik ke depannya. Tidak hanya kesehatan tubuh Anda yang akan terganggu, kesehatan mental Anda yang juga turut mendapatkan gangguan. Jika Anda tidak segera mengatasinya, maka lama kelamaan hal itu akan semakin menumpuk dan semakin sulit disembuhkan.

Pekerjaan memang penting, tapi kesehatan tubuh dan mental Anda juga tidak kalah penting. Agar Anda bisa terus bekerja dengan performa yang baik, maka kesehatan Anda juga harus selalu dijaga. Untuk itu, perlu ada keseimbangan antara pekerjaan dengan akitivitas pribadi yang menyenangkan bagi Anda.



0 komentar:

Posting Komentar