Senin, 20 April 2020

Manfaatkan Aktifitas Selama di Rumah Cegah Virus Corona


Manfaatkan Aktifitas Selama di Rumah Cegah Virus Corona

Saat wabah virus corona pemerintah telah mencanangkan untuk menjaga jarak dan berada dalam rumah. Selama di rumah tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu untuk mencoba berbagai resep baru dan proses ini memberikan manfaat ketika memotong sayuran dan daging sehingga akan memberikan efek relaksasi dan dapat juga mencoba resep dari koki ternama. Bermain board game untuk menghilangkan kebosanan dengan papan untuk permainan lebih dari 2 orang seperti permainan monopoli, ludo, ular tangga dan halma. Dapat juga menghabiskan waktu untuk menonton film favorit melalui situs online dan pilihan film dokumenter untuk memberikan tambahan wawasan pengetahuan.

Selain itu, olahraga di rumah yang memberikan manfaat untuk membuat tubuh lebih sehat dan mengencangkan otot seperti olahraga squat, push up, sit up dan plank yang dilakukan selama di rumah. Kegiatan baca buku untuk menghabiskan waktu dan tidak perlu membaca buku dengan topik berat, dapat memilih buku motivasi, buku ilmu pengetahuan atau komik sembari diiringi dengan musik klasik ditemani secangkir kopi dan teh. Dapat berkegiatan berkebun selama social distancing yang selama ini tidak sempat dilakukan, dapat memilih tanaman hias, sayuran, bunga maupun buah untuk dapat menghilangkan stres dan baik untuk menjaga kesehatan mental

Bersih-bersih memberikan waktu selama berada di rumah yang memberikan perhatian lebih dan membersihkan rumah menjadi cara untuk terhindar dari berbagai virus maupun bakteri. Jika berada di rumah maka manfaatkan waktu untuk bersama dengan keluarga yang selama ini jarang dihabiskan. Untuk menjaga kesehatan selama wabah virus corona dengan memahami kecemasan yang dialami saat adalah hal normal karena adanya ancaman dan mengambil tindakan. Kecemasan akan membantu diri dalam mengambil keputusan dan hindari kecemasan dari sumber terpercaya dan jika mengalami kecemasan seperti mual, pusing, batuk maupun demam dan beritahu pada orang yang tua supaya memberikan saran dan memberikan bantuan.

Untuk membantu kesehatan mental maka berhubungan dengan teman melalui beberapa aplikasi panggilan video. Buatlah beberapa kegiatan di rumah dan sesibuk apapun kegiatan yang dilakukan sebaiknya bermain alat musik, membaca buku, bermain game dan menonton film. Untuk mengatasi kekecewaan adalah dengan melewatinya dan jangan menumpuk kesedihan yang akan memburuk kesehatan mental dan hal lainnya dengan berbagai menceritakan dan kesedihan pada teman dan kurangi rasa sakit yang dialami. Untuk tetap menjaga kesehatan yang baik sebaiknya berlaku baik pada orang lain, dengan cara membantu orang-orang yang terdampak pekerjaan Covid-19 dan jangan membenci mereka yang sedang bekerja untuk penyembuhan penyakit.

Salah satu yang paling sering dilakukan adalah bermain game. Manfaat bermain game adalah meningkatkan kemampuan dalam mengingat. Game akan membantu pengujian terhadap daya ingat seseorang dibandingkan orang tidak bermain game. Permainan game juga meredakan nyeri dikarenakan fokus telah teralihkan pada visualisasi yang beragam sehingga membuat tubuh lupa dengan rasa sakit yang dirasakan. Dapat digunakan untuk membantu anak disleksia yang membuktikan video game akan membantu anak lebih mudah untuk belajar.

Selain itu, game juga memiliki manfaat untuk meredakan gejala trauma sesuai dengan penelitian. Rumah sakit di Inggris menyatakan bahwa pasien yang mengalami kecelakaan akan bermain game selama 20 menit dan hasilnya adalah meredakan gejala trauma 62% secara perlahan. Beberapa manfaat ini dapat digunakan selama dirumah cegah wabah virus corona sehingga kegiatan produktif baik untuk kesehatan mental dan fisik.


0 komentar:

Posting Komentar